Header Ads

Membuat AUTOHIDE Navigation Bar (NAVBAR)

Tahukan anda apa itu Navbar ? ituloh garis berwarna biru yang ada di posisi paling atas blog anda dan biasanya terdapat tulisan sign in dan kawan- kawan, tapi ini nampak biasanya pada blog- blog yang menggunakan template default atau template klasik yang disediakan oleh pak blogger. Tentunya itu sangat mengganggu penampilan bagi sebagian orang dan termasuk saya. Ada beberapa alasan mengapa navbar perlu dihilangkan pertama biar blog kita punya tidak terlihat langsung identitasnya kalo dari blogger kedua biar blog kita terlihat lebih bagus tampak bukan seperti blog tapi sebuah website gitu, itu mungkin sedikit alasan kenapa blog navbar perlu disembunyikan dan kalo perlu dihilangkan.

Untuk template hasil download biasanya tidak menampakan Navigation bar tapi biasanya hanya menampilkan sebuah logo blogger untuk menandakan kalo template blog tersebut dari blogger.
Berikut akan saya coba jelaskan bagaiman menyembunyikan NavigationBar (navbar) biar tidak kelihatan tapi tetap ada waktu anda mendekatkan kursor mouse anda kebagian paling atas tempat navbar berada langkah- langkahnya sbb:

Login ke blogger dengan account anda

Pada jendela dashboard pilih layout atau tampilan dan pilih tab menu EDIT HTML


Cari kode berikut <style id='page-skin-1' type='text/css'>

Kemudian copy kode dibawah ini dibawah kode yang telah anda cari seperti diatas :

#navbar-iframe{opacity:0.0;filter:alpha(Opacity=0)}
#navbar-iframe:hover{opacity:1.0;filter:alpha(Opacity=100, FinishedOpacity=100)}

Selesai simpan template dan lihat perubahan ang terjadi diblog anda Navbar menghilang dan jka anda ingin melihatnya lagi dekatkan kursor mouse anda maka AJAIB Navbar muncul !

Silahkan anda coba semoga berhasil


No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.