Header Ads

Sejarah Wi-Fi, wifi, Wi-fi !

Waifi punya sejarah ! ups bukan waifi dan juga bukan WAFI tentunya he he memang namaku mirip sebuah teknologi nggak nyangka orang tuaku memberi nama sebagus itu Moch Wafi memang nama asliku dan WAIFI IT Sharing nama blogku, Alhamdulillah semoga saya sesukses teknologi Wa-fi berikut ini akan saya jelaskan sejarah Wi-Fi (baca waifi bukan waifai ) baca saja banyak orang yang salah mengenai teknologi wireless wa-wi itu !

Wi-fi, wi-fi, wifi entah bagaimana penulisan yang benar yang jelas semua betul karena semua ada tulisan semacam itu di internet atau di google waifi WAFI pun ada ! Dalam penjelasan sejarah kali ini saya menggunakan tulisan wifi saja yang simple OK kita mulai. Setahu anda wifi itu apa sih sebuah teknologi sebuah device atau makhluk gaig ya soalnya tidak kelihatan, banyak orang mendifinisikan wifi menurut mereka masing- masing, dan banyak juga orang yang mencampur adukkan IEEE dengan waifi LEBIH PARAHNYA LAGI semua produk wireless disebut wifi dan mungkin termasuk anda ! heheheheh

IEEE tahu kan Institute of Electrical and Electronic Engineering dan wifi merupakan 2 buah organisasi yang berbeda IEEE merupakan sebuah organisasi nonprofit yang mendedikasikan kerjanya dibidang kemajuan teknologi. Organisasi ini mencoba membantu banyak sekali bidang teknologi seperti teknologi penerbangan, elektronik, biomedical, dan tentusaja computer juga termasuk didalamnya. Keanggotaan IEEE diklaim mencapai 370.000 orang yang berasal dari 160 negara di dunai ini.Pada tahun 1980 bulan 2, IEEE membuat sebuah bagian yang mengurusi standarisasi LAN (local area network) dan MAN (metropolitan area network). Bagian ini kemudian dinamakan 802. Benar angka 80 menunjukan tahun dan angka 2 menunjukan bulan februari dibentuknya kelompok kerja ini.

Anda tentunya pernah mendengar istilah Ethernet, Wireless, dan lain- lain. Ini adalah contoh dari hasil kerja kelompok 802. Karena luasnya bidang yang ditangani oleh, maka bagian ini dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil yang lebih spesifik yang dinamakan sebagai unit kerja. Unit kerja ini diberikan nama berupa angka berurutan dibelakang 802. Berikut adalah contoh unit kerja dan bidang yang mereka tangani (diambil dari http://www.groupernieee.org/groups/802/dots.html) :

802.1 Higher Layer LAN Protocol Working Group
802.3 Ethernet Working Group
802.11 Wireless LAN Working Group
802.15 Wireless Personal Area Networking (WPAN) Group
802.16 Broadband Wireless Access Working Group
802.17 Resilient Packet Ring Working group
802.18 Radio Regulator TAG
802.19 Coexistence TAG
802.20 Mobile Broadband Wireless Access(MBWA) Working group
802.21 Media Independent handoff Working Group
802.22 Wireless Regional Area Network

Jika anda lihat urutan angka- angka dari unit kerja, terdapat beberapa “lompatan” seperti 802.2, 802.5, 802.12. Apa yang terjadi, Ternyata unit kerja ini sudah pulang kea lam baka karena berbagai sebab seperti bidang yang ditangani sudah ketinggalan jaman atau lebur ke uni kerja yang lain. Unit kerja yang paling menarik tentu saja unit kerja 802.11 yaitu unit kerja yang menguasai wireless LAN ( tentu saja ini bukan tentang wireless). Unti kerja ini sendiri masih dibagi- bagi menjadi unti yang benar- benar kerja sekarang namun tidak lagi dengan menggunakan tanda titik dan angka namun dengan huruf a,b,c sehingga menjadi unit 802.11a, 802.11b, 802.11c, 802.11g, 802.11n dst.

Baik anda sudah melihat sekilas pandangan mengenai organisasi IEEE dan spesifikasi yang dihasilkan, lalu apa itu wifi Wi-Fi ? IEEE telah membuat standarisasi jaringan wireless namun standarisasi ini dirsakan masih kurang lengkap untuk dunia bisnis, Karena itu dibentuklah sebuah organisasi yang dipelopori oleh CISCO yang dinamakan Wi-Fi (wireless fidelity) yang beralamat di http://www.wi-fi.org

SEKIAN …………………………..

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.