Header Ads

Aplikasi Sesat Dompleng Twitter


Popularitas Twitter didompleng oleh para pembuat malware (program jahat). Para penjahat dunia maya ini memanfaatkan pemendekan URL pada Twitter untuk mendistribusikan aplikasi-aplikasi menyesatkan.

Seperti kita ketahui dalam situs mikroblogging Twitter ada keterbatasan dalam melakukan sharing website dengan URL panjang sehingga URL tersebut akan diperpendek hingga batas maksimal 140 karakter. Alhasil pengguna Twitter kerap tidak mengetahui ke mana arah link tersebut, sampai dia mengkliknya.


Tentu hal ini berbahaya, karena menurut pengamatan Symantec Security Response, para pembuat malware sering memanfaatkan URL yang diperpendek ini untuk mendistribusikan aplikasi-aplikasi menyesatkan. Mereka menjebak user dengan tweet yang menggoda atau term pencarian Twitter yang umum digunakan.

Aplikasi-aplikasi menyesatkan tersebut mengklaim dapat mendeteksi dan menghilangkan ancaman dari komputer user, asalkan user bersedia membeli atau menginstal sebuah produk keamanan palsu.

Mengantisipasinya, Firefox maupun Internet Explorer menawarkan browser plug-in yang dapat mengecek URL yang diperpendek tersebut dan menunjukkan URL terakhir sebelum pengguna mengklik URL tersebut. Meskipun tidak bisa mengkonfirmasi apakah link tersebut jahat, paling tidak dengan browser plug-in ini pengguna akan lebih hati-hati sebelum mengklik.

Dalam kasus ini, baik Twitter maupun layanan pemendekan URL tentu tidak bisa disalahkan. Upaya yang dapat dilakukan user untuk mengantisipasinya antara lain:

-Hati-hati dengan apa yang Anda klik. Hindari mengklik URL yang diposting oleh pengguna Twitter yang tidak dikenal.

- Jangan menerima atau membuka error dialog dari dalam Web browser dan pastikan tambalan software dan keamanan tetap up to date.

-Beli software dari sumber terpercaya. Waspadalah dengan iklan yang mempromosikan tools keamanan atau kinerja sistem yang mirip sekali dengan alerts Microsoft Windows standar.

-Lengkapi diri Anda dengan software keamanan yang kuat dan update untuk menangkis malware. Produk-produk Norton 2010 secara proaktif melindungi dari spyware, virus, worms, hacker dan botnet dan risiko-risiko keamanan lainnnya sehingga Anda dapat menghalau bahaya-bahaya digital dengan perlindungan canggih ( faw / fyk )

dikutip dari detikinet.com

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.