Header Ads

2011 Motor Matik Benamkan Bebek


Detik- Malang, Siapa bilang skutik tidak punya gigi. Buktinya dalam waktu hanya 5 tahun motor bertransmisi otomatis ini sudah mampu menggerogoti keperkasaan motor bebek yang telah puluhan tahun terjaga.

Di tahun 2011 ini skutik bahkan diprediksi bisa mengalahkan motor bebek di pasar motor nasional. Sebab selisih penjualan antara motor bebek dan skutik saat ini makin lama makin menipis dan di tahun 2010 selisih dua model motor ini hanya sekitar 1,7 persen.

"Mungkin bisa," cetus General Manager Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Paulus S Firmanto ketika ditanya detikOto kemungkinan skutik menjungkalkan bebek di tahun ini, Jumat (7/1/2011).

"Menurutku iya. Skutik akan berada di atas meskipun hanya 1 atau 2 persen lebih tinggi," timpal Deputy General Manager 2W Marketing-Planning Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Joko Utomo.

Bila kita melihat ke belakang, perkembangan pasar skutik ini memang terjadi dengan sangat massif. Sebab di tahun 2003 ketika pasar skutik hanya memiliki Vespa, Piaggio dan Kymco motor tanpa gigi ini hanya berhasil meraih 0,2 persen pangsa pasar.

Angka itu meningkat menjadi di tahun 2004 dan 2005 ketika Yamaha ikut main di segmen ini dengan menghadirkan Mio meski persentase skutik di pasar motor nasional masih berkisar di angka 1 persen saja.

Perlahan namun pasti semua pabrikan pun mulai tertarik bermain di segmen ini. Honda dan Suzuki mulai mengeluarkan amunisinya. Tak anyal pasar pun berkembang hingga ke angka 8,4 persen di tahun 2006 dan melesat hingga 18,4 persen di tahun 2007.

Di tahun 2008, skutik lagi-lagi mengamuk dengan merebut pasar motor Indonesia hingga ke angka 26 persen dan meningkat kembali menjadi 38 persen di tahun 2009.

Kenaikan penjualan motor bermodel skutik ini tentu membawa korban. Dan korban utama dari meningkatnya pasar motor jenis ini tidak lain adalah motor bebek.

Pasar motor bebek perlahan mulai tergerus seiring dengan pengetahuan masyarakat pada kenyamanan sebuah motor otomatis. Padahal di tahun 2005 motor bebek masih memegang pasar motor Indonesia dengan market share sebesar 92,40 persen namun turun drastis di tahun 2010 lalu dengan hanya merebut 47,35 persen pasar.

Sebagai catatan, dari 7.398.644 motor yang terjual di tahun 2010, skutik menunjukan tajinya dengan mengoyak pasar motor bebek.

Di tahun macan itu motor bebek hanya berhasil terjual 3.503.298 unit (47,35 persen). Di kuntit dengan ketat oleh skutik yang terjual sebanyak 3.376.536 unit (45,64 persen). Sementara pasar motor sport masih berada di angka 518.810 unit (7,01 persen).

Dan di tahun 2011 yang melambangkan kelinci dalam penanggalan China, pasar skutik dipastikan akan terus mengeliat. Sebab selain pemain lama seperti Yamaha, Honda dan Suzuki yang akan menyegarkan produk-produknya, pabrikan lain tercatat juga akan menceburkan diri ke segmen ini.

Kawasaki kemungkinan akan mengeluarkan varian skutik. Begitu pula pabrikan motor India, TVS dan produsen lokal seperti Minerva. Tidak hanya itu, legenda motor otomatis yakni Piaggio dan Vespa juga sudah mengumumkan akan come back ke pasar motor Indonesia dan akan ikut merayakan kekalahan bebek untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade.

"Kita lihat saja nanti," cetus Joko. ( syu / ddn )

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.