Header Ads

Dolar: Segera untuk pingsan?


Malang, Pernyataan Bearish di greenback dari Buffett dan Pimco menambah kegelisahan pasar. Inilah yang investor perlu tahu

Laporan runtuhnya dolar AS mungkin prematur. Tapi ketika beberapa investor di dunia yang paling kuat adalah peringatan penurunan mata uang itu, investor memperhatikan.

Berkshire Hathaway (BRKA) Kepala Eksekutif Warren Buffett memperingatkan di New York op-ed pada 19 Agustus bahwa beban utang AS mengancam untuk mengubah AS menjadi sebuah Times "ekonomi republik pisang."

Sebuah banjir greenbacks dari Federal Reserve dan Obama dan Administrasi Bush mungkin diperlukan sekarang untuk menopang perekonomian yang sakit, kata Buffett. Namun pemerintah harus kontrol hutang dalam waktu-atau risiko konsekuensi.

"Takdir dollar terletak dengan Kongres," tulis Buffett.

Pada 20 Agustus, kepala dana obligasi terbesar di dunia, Pimco Chief Executive Mohamed El-Erian, terdengar seolah-olah penurunan dolar adalah kesimpulan terdahulu.

"Pertanyaannya adalah bukan apakah dolar akan melemah dari waktu ke waktu, tapi bagaimana itu akan melemah," El-Erian mengatakan kepada Bloomberg, bergema Pimco pendiri Bill Gross, yang mengatakan dollar bisa kehilangan statusnya sebagai mata uang cadangan dunia. "Risiko yang nyata adalah bahwa Anda akan mendapatkan penurunan teratur," kata El-Erian.
Dollar sebagai Safe Haven

Masalah dengan pernyataan yang berani tersebut adalah bahwa pasar mata uang yang terkenal tidak bisa ditebak. Perkiraan mata uang yang akurat membuat saham benar memilih terlihat mudah, karena membutuhkan kejelian dalam ekonomi, arus perdagangan, arus modal, politik, dan psikologi pasar-semua dalam skala global.

Pada akhir 1980-an banyak khawatir dolar AS kalah dari yen Jepang dan mata uang dunia lainnya. Tetapi mereka khawatir dengan cepat dilupakan pada 1990-an AS defisit menyempit dan pertumbuhan memanas.

Musim gugur yang lalu dengan nilai dolar berduri sebagai dunia mencari perlindungan dalam mata uang yang terkuat. Hal itu tak ada hubungannya dengan fundamental ekonomi. Ironisnya, itu adalah krisis keuangan AS kelahiran yang menyebabkan investor untuk mendorong aset mereka ke dalam dolar AS.
Berbahaya Prediksi

Ini adalah waktu yang sangat berbahaya bagi prognosticators mata uang. "Saya tidak pernah tahu masa ketika ada pandangan yang berbeda lebih lanjut tentang berbagai faktor yang berbeda dalam ekonomi global," kata Giles Conway Gordon, co-chief investasi petugas di Cogo Wolf Asset Management.

Sebagai contoh, prakiraan nilai euro vs dolar AS adalah seluruh peta. Mata uang Eropa bersama diambil $ 1,43 dalam perdagangan pada 20 Agustus. Beberapa komentator dihormati, Gordon catatan, yang memprediksi bahwa pada akhir tahun euro akan berada di $ 1,12, sementara yang lain memprediksi $ 1,60. "Ada variasi yang besar," katanya.

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.