Header Ads

Ilmuwan Uji Coba Ponsel Android di Luar Angkasa

Malang, Para peneliti di Inggris berencana meluncurkan ponsel berbasis Google Android ke luar angkasa. Tujuannya untuk mengetahui seberapa baik sebuah ponsel menghadapi situasi di orbit, dan kemudian akan dipakai untuk mengendalikan satelit.

Tim ilmuwan dari Guildford's Surrey Satellite Technology Limited melakukan eksperimen ini. Mereka penasaran menguji coba seberapa baik sebuah smartphone modern bertahan dalam kerasnya kondisi di luar angkasa.

Dikutip detikINET dari Metro, Selasa (25/1/2011), uji coba ini bakal menandai pertama kalinya sebuah ponsel diluncurkan ke orbit. Ponsel ini tidak hanya berdiam diri saja di sana, karena para ilmuwan akan coba mengontrol satelit dengannya. Ponsel ini diproyeksi jadi 'otak' sebuah satelit kecil dan mengambil fotografi bumi.

"Smartphone modern cukup mengagumkan. Pertama-tama kami ingin tahu apakah ponsel dapat bekerja di sana dan jika bisa, kami ingin tahu juga apakah ponsel itu bisa mengendalikan satelit," tukas Shaun Kenyor, Project Manager dalam proyek ambisius ini.

Mereka belum memutuskan model ponsel mana yang akan dipakai. Alasan pemakaian Android adalah karena sifatnya yang open source sehingga mudah dimodifikasi untuk keperluan misi. Sedangkan tujuan utama proyek ini adalah untuk mencari cara termurah dalam mencapai luar angkasa.

"Jika sebuah smartphone terbukti dapat bekerja di angkasa, ini akan membuka banyak teknologi baru pada orang dan perusahaan yang biasanya tidak bisa menjangkaunya," ucap Dr Chris Bridges, pemimpin proyek.

Sebelumnya, ponsel Google Nexus S juga sudah diluncurkan ke angkasa dengan balon, namun ketinggiannya hanya puluhan mil. Sementara dalam proyek ini, ponsel Android yang digunakan bakal mengangkasa hingga ketinggian ratusan mil.

>> dari detik


No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.