Header Ads

Microsoft berikutnya menempatkan Windows OS pada chip ARM

IDG News Service - Microsoft mengatakan bahwa versi berikutnya dari sistem PC Windows-nya operasi akan dijalankan pada prosesor ARM, bagian dari upaya untuk beradaptasi Windows ke pasar yang tumbuh cepat untuk komputer tablet, di mana Apple dan Google telah mendapatkan traksi.

Ini adalah langkah besar untuk Microsoft, yang desktop OS secara tradisional hanya berjalan pada prosesor x86-jenis dari Intel dan Advanced Micro Devices. Chip berdasarkan desain ARM menggunakan daya lebih sedikit dan dominan dalam smartphone seperti BlackBerry dan iPhone dan Apple tablet seperti iPad.

eksekutif Microsoft membuat pengumuman saat konferensi pers di Consumer Electronics Show di Las Vegas, di mana komputer tablet adalah topik panas. CEO Steve Ballmer diharapkan untuk membicarakan lebih lanjut tentang upaya dalam pidatonya yang membuka acara malam Rabu.

Langkah ini akan membawa sistem operasi Microsoft ke dalam era "sistem pada chip" prosesor, seperti chip ARM dibuat oleh Qualcomm dan Texas Instruments, kata Steven Sinofsky, presiden Microsoft Windows dan Windows Live Divisi.

Sebuah beberapa vendor telah meluncurkan tablet berdasarkan 7 sistem operasi Microsoft Windows, tetapi mereka gagal untuk menangkap imajinasi pembeli. Bagian dari masalah ini adalah bahwa tipe prosesor x86-menarik listrik terlalu banyak dan kehidupan batas baterai, tetapi analis mengatakan sistem operasi Microsoft juga bagian dari masalah.

"Windows 7 tidak sebuah OS yang dirancang untuk tablet," kata analis Forrester Sarah Rotman Epps dalam sebuah wawancara awal pekan ini. Ia menawarkan beberapa kemampuan layar sentuh tetapi antarmuka tidak dirancang terutama dengan sentuhan dalam pikiran.

Microsoft juga tidak memiliki versi sepenuhnya berbasis cloud aplikasi Office, ia mencatat. Apple dan Android tablet cenderung digunakan untuk aplikasi berbasis browser seperti YouTube dan Google Documents daripada perangkat lunak yang diinstal secara lokal.

Namun, eksekutif Microsoft mengatakan membawa Windows untuk chip ARM akan memberikan fleksibilitas baru untuk perangkat lunak. Perusahaan ini mungkin untuk mengembangkan antarmuka baru untuk versi masa depan OS untuk membuatnya lebih cocok untuk tablet dan perangkat lain, meskipun tidak ada diskusi yang pada hari Rabu.

Dalam mengangguk untuk jangka waktu mitra Microsoft Intel, Sinofsky mencatat bahwa prosesor Intel Atom juga desain system-on-chip, serta Nvidia Tegra. Tapi ia tampaknya paling diminati tentang potensi perangkat lunak pada prosesor ARM.

Microsoft memberikan apa yang disebut "demonstrasi teknologi" Windows pada ARM, yang berarti perangkat lunak belum sepenuhnya dikembangkan dan perusahaan belum siap untuk menunjukkan antarmuka pengguna atau menyediakan informasi harga dan kemasan, atau bahkan tanggal kapal. Hal itu dimaksudkan untuk menjadi sebuah demonstrasi teknik, kata Sinofsky.

Dia menunjukkan masa depan membangun dari Windows yang menjalankan pada prosesor Qualcomm Snapdragon, as well seperti Microsoft Word berjalan pada processor OMAP from TI. Dalam kedua kasus kode Windows berjalan native pada perangkat keras, katanya.

Sinofsky tidak mengatakan apa versi berikutnya dari Windows akan disebut, meskipun secara luas diharapkan akan menjadi Windows 8. OS yang tidak diharapkan selama dua tahun, bagaimanapun, yang berarti Microsoft tidak akan melihat dorongan dari arsitektur chip baru untuk beberapa waktu.

Persyaratan sistem untuk perangkat mobile telah dua kali lipat setiap tahun, ke titik di mana mereka berkumpul dengan orang-orang dari PC, kata Sinofsky. Perangkat mobile terbaru memerlukan prosesor 1GHz, RAM 512MB dan unit pengolahan grafis. Sementara itu, persyaratan untuk OS desktop sudah diratakan keluar.

"Ini menarik bagaimana mereka semua mulai berkumpul di persyaratan perangkat keras dasar yang sama," katanya.

Yang pasti, Microsoft akan terus mengembangkan versi Intel yang berbasis perangkat lunak untuk PC desktop dan laptop, yang terus menjadi daerah yang sangat menguntungkan bagi perusahaan. Tapi analis melihat tablet dan ringan lainnya, komputer portabel mengambil peningkatan andil pasar.

Forrester memperkirakan minggu ini bahwa sepertiga dari konsumen online di AS, atau sekitar 82 juta orang, akan memiliki beberapa bentuk komputer tablet pada tahun 2015. Ia berharap 44 juta tablet untuk dijual tahun itu, naik dari 10,3 juta tahun lalu.

Forrester mengharapkan Apple untuk mempertahankan "saham mayoritas" di pasar tablet sampai 2015, Rotman Epps kata.

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.