Header Ads

NASA mencoba untuk membangunkan robot penjelajah Mars


Sembilan bulan setelah kehilangan komunikasi dengan Roh rover Mars, NASA menabrak upaya untuk mendapatkan kembali komunikasi dengan robot. | Terjebak di kotoran di permukaan Planet Merah, para ilmuwan khawatir rover telah menyerah pada suhu dingin di Mars.

NASA mencatat bahwa jika para ilmuwan tidak dapat membangun kembali komunikasi dengan pengelana sebelum musim semi Mars berakhir pada bagian selatan planet ini pada pertengahan Maret, kemungkinan menghidupkan kembali robot hanya akan berkurang sebagai suhu turun.

"Jumlah energi surya yang tersedia untuk Roh masih meningkat setiap hari selama beberapa bulan ke depan," kata Mars Exploration Rover Project Manager John Callas. "Selama itu yang terjadi, kita akan melakukan semua yang kami bisa untuk meningkatkan kemungkinan mendengar dari rover lagi."

musim semi lalu, para ilmuwan di lembaga ruang angkasa melaporkan bahwa mereka telah memutuskan bahwa mesin robot sudah masuk ke dalam mode hibernasi berdaya rendah, di mana fungsi yang paling telah berhenti untuk melestarikan berharga, dan menyusut, energi.

Roh, yang telah menjelajahi permukaan Mars dan mengirimkan informasi kembali ke bumi selama lebih dari lima tahun, telah jatuh pada masa-masa sulit.

bajak itu mendapat masalah tahun lalu ketika roda menerobos permukaan Mars berkerak 'dan terjebak dalam lembut, pasir asin di bawahnya. Selama berbulan-bulan kemudian, insinyur NASA bekerja untuk menemukan cara untuk melepaskan rover dari pasir. Tapi dengan dua ban bergerak di satu sisi, para ilmuwan Januari lalu menyatakan secara permanen macet.

Roh harus dapat menggunakan energi matahari untuk memanaskan diri yang cukup untuk membuatnya melalui musim dingin dingin. insinyur NASA mencoba sudut array surya kendaraan jadi lebih menunjuk ke arah matahari. Namun, jika meniup pasir dan puing-puing menutupi array surya, mereka tidak akan mampu menyerap energi yang cukup untuk bangun mesin dan menjalankan beberapa instrumen tersebut.

robot kembar Roh Kudus, Opportunity, telah faired lebih baik. Musim dingin yang lalu, para ilmuwan NASA upload software kecerdasan buatan untuk Peluang yang memungkinkan robot untuk membuat beberapa keputusan sendiri. bajak sekarang dapat memutuskan sendiri apakah ingin berhenti dan menganalisis batuan melihat selama perjalanan di seluruh permukaan Mars.

Badan antariksa mencatat bahwa upgrade akan memberikan tes yang baik otonomi robot, yang berharap untuk menggunakan lebih lengkap dalam misi ruang angkasa NASA masa depan.

Robot adalah salah satu teknologi yang paling canggih yang pernah dibuat di NASA's Jet Propulsion Lab, kata Bruce Banerdt, seorang ilmuwan proyek Mars Exploration Rovers, dalam sebuah wawancara sebelumnya.

Ketika Spirit dan Opportunity mendarat di Mars pada tahun 2004, mereka berdua diharapkan untuk bekerja di sana selama tiga bulan. Roh bekerja selama lebih dari lima tahun dan Peluang masih bekerja.

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.