Header Ads

Tips Menegosiasikan Gaji

Setelah Anda mengirimkan surat lamaran dan curriculum vitae (CV) ke suatu perusahaan yang anda inginkan, kini tiba saatnya menunggu panggilan untuk serangkaian tes atau wawancara. Ketika panggilan itu datang, banyak hal krusial yang hendaknya anda persiapkan. Salah satunya adalah masalah negosiasi gaji. Ketika sebuah perusahaan mulai mempertimbangkan anda secara serius untuk dipekerjakan, sebaiknya anda mulai memikirkan masalah negosiasi. Biasanya negosiasi dilakukan dalam kaitan gaji dan fasilitas yang ditawarkan perusahaan. Negosiasi bisa terjadi saat pertama kali wawancara atau beberapa hari sesudahnya. Secara umum negosiasi bisa dipilih ke dalam empat kondisi.

PERTAMA, anda bisa bernegosiasi dan mendapatkan semua yang anda inginkan.

KEDUA, anda dapat bernegosiasi lalu memperoleh sebagian yang anda inginkan .

KETIGA, perusahaan dapat bertahan dengan penawarannya dan dan tidak memberi peluang kompromi, dan

KEEMPAT, perusahaan dapat menarik penawaran aslinya. Berdasarkan keempat kondisi di atas, anda dapat memikirkan hasil apa yang sesuai dengan keperluan anda, sehingga ketika anda wawancara, anda tahu pasti apa yang anda ingin terima, dan apa yang tidak.

PASTIKAN HARGA ANDA Beberapa perusahaan biasanya memberikan hanya satu tawaran gaji. Namun, jika anda memiliki lebih dari satu atau dua penawaran, anda boleh memilih beberapa penawaran lebih rendah sampai batas penawaran yang akan anda tolak. Jika anda membutuhkan waktu tambahan untuk membuat keputusan atas penawaran perusahaan, teleponlah orang yang mewawancarai anda secepatnya dan mintalah waktu seminggu atau dua minggu untuk membuat keputusan. Dengan surat penawaran di tangan, anda perlu mengevaluasi gaji dan keuntungan, sesuai dengan kebutuhan anda sendiri dan standar pasar anda harus bisa memastikan “harga” anda.

CARI TAHU SISTEM PENGGAJIAN Carilah sebanyak mungkin data-data apapun mengenai perbandingan gaji yang bisa anda temukan, yang berguna untuk memeperkuat posisi anda. Anda juga sebaiknya perlu memahami system penggajian perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin memiliki system upah yang unik dan berbeda.

PAHAMI POSISIS NEGOSIASI ANDA Seberapa besar pencari SDM membutuhkan kualifikasi anda bisa tercermin dari penentuan waktu wawancara. Jika mereka sangat mendesak anda dengan surat penawaran, menelfon untuk menanyakan apakah anda akan menerimanya, menawarkan bonus-bonus, ini menandakan bahwa mereka menginginkan anda, sehingga posisi negosiasi anda cukup kuat. Sebaliknya, anda mungkin menjadi pilihan kedua atau ketiga jika surat penawaran baru datang lama setelah anda wawancara. Biasanya penawaran ini berupa folmulir dengan tawaran bonus rendah, dan mungkin anda akan mengalami kesulitan jika ingin membuat janji dengan manager yang akan mempekerjakan anda. Dalam pertemuan negosiasi gaji, ekspresikan antusiasme anda untuk pekerjaan tesebut dan presentasikan hal yang sebenarnya tentang diri anda secara rasional dalam kemasan yang lebih baik.

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.