Header Ads

Untuk memulihkan, Haiti membutuhkan pemimpin


Malang, Saya telah bekerja di Port-au-Prince selama hampir setahun, tapi kemarin adalah pertama kalinya aku melihat puing penghapusan besar-besaran di kota ini runtuh. Saat aku berdiri di samping pemilik rumah yang telah akhirnya dihancurkan dan melihat sisa-sisa yang mengangkut pergi oleh mesin bergerak bumi besar, saya merasa senang - tetapi frustasi juga.

Satu tahun pada dari gempa Haiti, rekonstruksi baru saja mulai. Bagi saya, karena semua orang di seluruh dunia yang memberikan dengan murah hati, karena lembaga bantuan seperti saya sendiri, Oxfam, dan yang paling penting, untuk Haiti, ini tidak adanya kemajuan yang sangat mengecewakan.

Fakta Haiti sebelum gempa terkenal: Haiti adalah negara termiskin di Belahan Barat; itu memiliki pemerintahan terkenal lemah dan korup, hanya separuh dari orang-orang yang memiliki akses ke air bersih.

Port-au-Prince begitu penuh sesak dan kotor sebelum gempa yang orang bercanda tentang meratakan untuk membuat ibukota baru dan lebih baik. Dan ketika yang sebenarnya terjadi - di salah satu tragedi terburuk tahun lalu - Haiti terkenal ulet mengatakan bahwa mungkin negara mereka sekarang bisa dibangun menjadi suatu tempat yang lebih baik dan lebih adil dan lebih aman.
Setelah gempa, respon darurat bantuan besar-besaran menyelamatkan jutaan nyawa di Haiti, membawa makanan penting, air dan perawatan medis. Meskipun sangat rusak, pemerintah berusaha keras untuk memfasilitasi tanggap darurat.

Tapi sekarang kita di bagian yang sulit: pemulihan. Oxfam telah disebut 2010 di Haiti "tahun kebingungan" dan menyalahkan kurangnya kemajuan rekonstruksi pada "melumpuhkan kombinasi dari keraguan pemerintah Haiti, mengejar negara-negara donor kaya 'terlalu sering prioritas mereka sendiri bantuan, dan tak bersemangat Interim Haiti Komisi Pemulihan , yang didirikan untuk mengkoordinasikan upaya rekonstruksi dan membangun kapasitas negara. "

Sederhananya, kita tahu bagaimana melakukan tanggap darurat setelah bencana alam: terbang di ton peralatan medis, bahan pemurnian air, terpal, makanan, bekerja di sekitar jam dalam modus triase; terus memukul hati masyarakat '.

Satu tahun kemudian, namun tidak begitu jelas. Real pemulihan dari gempa Haiti adalah tentang mengubah sistem: membuat pemerintah lebih mampu melakukan tugasnya, berhenti korupsi, membuat donor menindaklanjuti janji-janji mereka dan berhenti mempromosikan agenda mereka sendiri, memaksa badan-badan bantuan untuk dikoordinasikan dengan lebih baik dan memberikan Haiti yang keterampilan untuk melaksanakan proyek-proyek sendiri.

Apa Haiti kebutuhan sekarang adalah kepemimpinan dari pemerintah berdaulatnya. Tetapi pada saat ini, Haiti bahkan tidak tahu siapa yang akan di pemerintah yang, mengingat hasil pemilu yang dipersengketakan dari bulan November. Keputusan No telah dibuat pada aliran permukaan yang dapat menyelesaikan pertanyaan kepemimpinan, tetapi menyelesaikan sangat penting.
Tanpa kepemimpinan yang sah di tempat - mandat dari Haiti - maka akan sangat sulit untuk melaksanakan rekonstruksi, karena hanya pemerintah memiliki hak hukum untuk melakukannya.

Tetapi pemerintah telah lama dilihat sebagai sangat lemah, sehingga selain mandat dari rakyat, pejabat Haiti dan teknisi akan membutuhkan dukungan dari masyarakat internasional - khususnya donor dari negara-negara kaya yang membuat janji besar pada konferensi donor PBB Maret di New York - untuk melaksanakan pekerjaan mereka.

Interim Haiti Komisi Pemulihan, didirikan pada bulan April, memiliki peran penting. Ini dituduh membantu mengkoordinasikan proyek rekonstruksi utama dan membantu pemerintah Haiti dengan bangunan akuntabilitas dan kapasitas untuk mendapatkan sesuatu, bebas dari korupsi. Namun sembilan bulan dalam masa tugasnya, komisi, di bawah pimpinan mantan Presiden Bill Clinton dan Perdana Menteri Haiti Jean-Max Bellerive, telah gagal untuk melakukan ini.

upaya Donor 'terfragmentasi. Setiap bertindak menurut agenda sendiri. Masing-masing dilengkapi dengan strategi sendiri: misalnya, pada penciptaan pekerjaan atau membunuh tujuan pemulihan lainnya. Donor memegang dompet untuk Haiti untuk membangun kembali, dan mereka harus memberi prioritas kepada proyek-proyek yang pas dengan kebutuhan Haiti '. Dalam survei Maret oleh Oxfam dari 1.700 Haiti, orang-orang yang terdaftar sebagai prioritas kebutuhan pekerjaan, rumah dan pendidikan.
Hanya ketika pemerintah, dengan dukungan donor, membuat keputusan-keputusan kunci pada penciptaan lapangan kerja, penghapusan puing dan pemukiman dapat bergerak dari Band-Aid bantuan darurat terhadap jangka panjang, solusi berkelanjutan untuk Haiti.

Di kali, tantangan besar di depan mungkin tampak terlalu besar, dan hal itu mungkin tampak lebih mudah bagi kita dengan hidup nyaman di negara-negara kaya untuk meninggalkan Haiti untuk disfungsi sejarah.

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.