Header Ads

Warga Probolinggo Terancam Krisis Pangan

Malang, Liputan6.com, Probolinggo: Setelah dua bulan diguyur abu vulkanik Gunung Bromo, ratusan keluarga di Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (2/1) terancam krisis pangan. Bantuan sembako dari pemerintah tak mencukupi untuk bertahan hidup.

Keluarga Misnaji, misalnya. Enam anggota keluarganya yang tinggal di gubuk kecil sudah kehabisan stok makanan, terutama beras. Bantuan 15 kilogram beras dari pemerintah beberapa waktu lalu, tidak cukupi kebutuhannya selama dua bulan. Sejak bencana erupsi Gunung Bromo, Misnaji sudah tidak bekerja lagi sebagai buruh tani karena sebagian besar lahan pertaniannya rusak.

Kondisi serupa juga menimpa sekitar 600 kepala keluarga di desa ini. Persediaan pangan di rumah-rumah warga juga sudah menipis. Bahkan tidak cukup untuk bertahan hidup selama bencana erupsi Bromo masih terjadi.

Kekurangan pangan dan tidak adanya lapangan pekerjaan mendorong sekitar 200 warga pergi bekerja ke luar daerah. Mereka sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah untuk mengatasi kesulitan.(IAN/APY)

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.