Header Ads

Gempa Susulan Sudah Terjadi 19 Kali

TOKYO, KOMPAS.com — Hingga dilansirnya berita ini, United States Geological Survey (USGS) telah merekam 19 gempa susulan yang terjadi di Jepang setelah gempa raksasa yang menimbulkan tsunami.

Gempa-gempa susulan masih cukup besar dengan kekuatan di atas 6 skala magnitud. Dua yang terbesar terjadi di 66 kilometer (km) tenggara Tokyo berkekuatan 6,8 pada pukul 03.15.45 waktu setempat. Satu lagi terjadi di 503 kilometer dari Tokyo pada pukul 04.25.50 waktu setempat serta memiliki kekuatan 7,1.

Ke-19 gempa tersebut terjadi setelah gempa berkekuatan 8,9 terjadi pada pukul 14.46.23 waktu Tokyo. Pusat gempa ada di 373 km sebelah tenggara Tokyo. Gempa ini mengakibatkan kerusakan pada gedung-gedung serta tsunami setinggi 4 meter.

Peringatan tsunami yang bisa mencapai tinggi 10 meter dikeluarkan tak lama setelah gempa terjadi. Peringatan kini diperluas hingga ke wilayah Filipina, Pasifik, dan Indonesia. Wilayah Indonesia Timur, terutama Papua, Maluku, dan Sulawesi Utara diminta waspada dengan ancaman tsunami ini.

Sementara sepanjang hari ini sudah terjadi gempa tak kurang dari 23 kali. Gempa pertama hari ini menurut waktu setempat terjadi pada pukul 02.54.45 dini hari dan berkekuatan 5,2 skala magnitud. Pusat gempa ada di 407 kilometer sebelah tenggara Tokyo. Rangkaian gempa mulai menggoyang Jepang sejak Rabu lalu.

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.