Header Ads

Hanya 1 Operator Ponsel Berfungsi di Jepang


Malang VIVAnews - Sejumlah 414 warga Indonesia tinggal di Iwate, ibukota Provinsi Miyagi, salah satu wilayah yang rusak dilanda gempa dan tsunami yang terjadi siang tadi. Pemerintah Indonesia kesulitan menghubungi warga di sana, sebab jalur komunikasi putus total.

Pemerintah Indonesia hanya mengandalkan komunikasi Jakarta-Tokyo yang itupun sangat terbatas. "Khusus untuk telepon selular, hanya satu provider yang bisa dihubungi, yaitu Docomo," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Jumat 11 Maret 2011.

NTT Docomo merupakan salah satu operator telekomunikasi terbesar di Jepang. Warga Indonesia di Tokyo semuanya dalam keadaan aman, meski gempa terasa hingga ibu negeri matahari terbit itu.

Lantaran komunikasi ke Iwate sangat sulit, "Belum bisa diketahui kebutuhan bantuan untuk warga di sana," kata Michael Tene.

Gempa berkekuatan 8,9 skala Richter terjadi di perairan timur Jepang pada pukul 14.46. Gempa menimbulkan tsunami yang langsung menyapu seluruh kota pesisir pantai. Pada siaran televisi, terlihat dinding air setinggi sekitar enam hingga 10 meter melondong bangunan dan mobil-mobil.

Laporan: Harwanto Bimo Pratomo

• VIVAnews

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.