Header Ads

Tsunami Capai Indonesia Pukul 18.30 WIB

Malang, KOMPAS.com — Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief mengimbau agar masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di wilayah Timur, seperti Papua, Sulawesi, dan Maluku, menghindari pantai. Hal ini sebagai antisipasi kemungkinan adanya imbas gempa bumi berkekuatan 8,9 skala Richter yang melanda bagian utara Jepang.

Andi mengatakan, tsunami diperkirakan mencapai wilayah Indonesia sekitar pukul 18.30 WIB atau pukul 20.30 Waktu Indonesia Timur. ”Kami sudah berkoordinasi dengan tim ahli untuk melakukan peringatan dan pencegahan dini,” kata Andi kepada para wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/3/2011).

Sebelumnya diwartakan, grafis yang dikeluarkan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menunjukkan perkiraan waktu tsunami bisa mencapai kawasan pantai di negara-negara tetangga menuju Filipina hingga Indonesia serta kawasan Pantai Barat Pasifik.

Pemerintah Amerika Serikat telah menerbitkan peringatan siaga tsunami untuk wilayah Pantai Barat Pasifik dan Hawaii. Tsunami diramalkan terjadi sekitar pukul 02.45 waktu setempat di kawasan Hawaii, sementara di Pantai Barat akan terjadi pukul 07.45 waktu setempat.

Tsunami dipicu oleh gempa dahsyat berkekuatan 8,9 yang menghantam timur laut Jepang, Jumat siang. Badan Survei Geologi AS (USGS) sebelumnya menyatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 7,9 skala Richter dan berpusat di kedalaman 24,3 km sekitar 130 km di sebelah timur Sendai, di pulau utama Honshu. Namun, badan itu kemudian menyatakan bahwa gempa berkekuatan 8,9 skala Richter.

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.