Header Ads

Rijsbergen: Indonesia Masih Harus Banyak Belajar

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih Indonesia, Wim Rijsbergen, mengucapkan selamat kepada timnas atas kemenangan 4-3 lawan Turkmenistan. Apalagi, persiapan timnas hanya singkat. Meski begitu, katanya, Indonesia tetap masih harus banyak belajar untuk ke depannya karena banyak pertandingan sulit yang akan dihadapi pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014.

"Selamat untuk Indonesia, selamat untuk tim, karena kami cuma berlatih selama 14 hari. Itu sangat sulit bagi para pemain," kata pelatih asal Belanda itu.

"Saya lihat permainan yang saya inginkan, khususnya di babak pertama. Babak kedua kami hilang konsentrasi karena kelelahan. Akibatnya, kami kemasukan gol. Tapi, secara keseluruhan, terima kasih kepada pemain, staf, dan manajemen. Saya harap ini bisa menjadi awal yang bagus untuk masa depan dan langkah selanjutnya di babak kualifikasi," harapnya.

"Akan tetapi, selain sisi positifnya, kita harus melihat sisi negatifnya juga. Kami kemasukan banyak gol di babak kedua. Walau begitu, saya sangat senang dengan kemenangan ini. Menurut saya, kami masih bisa meningkatkan diri."

Dia menambahkan, "Di babak selanjutnya akan lebih sulit. Kami harus menempatkan diri di posisi satu atau dua (di babak grup) untuk lolos. Oleh karena itu, yang kami butuhkan adalah stamina yang fit di sepanjang pertandingan, terus bekerja keras, serta banyak menambah pengalaman di ajang internasional. Hal itu bagus untuk pengalaman, masa depan, serta pengembangan para pemain."

Mengenai hilangnya konsentrasi tim menjelang akhir pertandingan, Rijsbergen mengatakan bahwa hal itu bisa ditutupi dengan komunikasi yang baik. "Harus ada komunikasi yang lebih baik di timnas. Tapi, ini adalah proses dan kami masih memiliki banyak waktu untuk belajar."

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.