Header Ads

Subsidi BBM Baiknya Diserap Industri

JAKARTA - Saat ini kebjakan pemerintah memberikan subsidi pada Bahan Bakar Minyak (BBM) habis untuk sektor transportasi. Padahal akan lebih baik jika subsidi BBM tersebut diserap Industri.

Direktur Utama Institute for Development of Economic and Finance Indonesia (Indef) Enny Sri Hartati menjelaskan saat ini 60 persen dari total subsidi telah dihabiskan untuk BBM yang terarah pada sektor transportasi.

"Padahal kalau BBM diserap industri, justru bagus, berarti ekonomi ini bergerak," ungkapnya dalam pembahasan Nota Keuangan dan RAPBN 2012 di Wisma Kodel, Kuningan, Jakarta, Kamis (18/8/2011).

Dia melanjutkan, dengan pemberian subsidi pada BBM yang habis untuk transportasi, maka tidak ada strategi pengelolaan anggaran. "Pasti akan gagal menejahterakan perkonman rakyat dan tidak memunculkan program dan stretegi," ungkap Enny.

Menurut dia, pada 2012, pemerintah harus serius untuk menguraingi subsidi pada BBM. Adapun caranya, sambung Enny, adalah dengan mengalihkan pemakaian BBM ke gas. "Karena kita punya cadangan luar biasa, kalau diusahakan sungguh-sungguh bisa hasilkan energi sangat murah," tambahnya.

Selain itu, dia menambahkan, harus ada realokasi BBM secara umum dari konsumtif ke produktif. " Jadi dua per tiga defisit kita nantinya adalah untuk pembiayaan infrastruktur ekonomi," terang dia.

okezone

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.