Header Ads

Tiket Pesawat di Bandara Soetta Diborong Calo

TANGERANG - Jelang mudik Lebaran, tiket pesawat tujuan Padang, Medan, Yogyakarta, Lampung, Malang, Jambi, dan Palembang, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, habis diborong calo.

Calo membeli tiket pesawat dari biro perjalanan di dekat pintu M1 Bandara Soetta, dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sama secara berturut-turut. "Saya kenal, siapa calo dan bukan," ujar Saiful, petugas tiketing, Kamis (18/8/2011).

Kendati begitu, Saiful mengaku tidak akan melarang calo tersebut membeli tiket pesawat. Lantaran, mereka menggunakan KTP yang sama dan membayar tunai tiket yang dibelinya. Meskipun para calo sudah dilarang berada di Bandara Soetta oleh PT Angkasa Pura II.

"Tiket beberapa tujuan penerbangan seperti Padang, Medan, Yogyakarta, Lampung, Malang, Jambi, dan Palembang, sudah habis diborong," terangnya.

Untuk tiket dengan tujuan yang sama, tambah Saiful sebenarnya masih ada. Namun, untuk penerbangan yang mahal. Jika ada masyarakat yang ingin membeli tiket itu, langsung maupun tanpa calo akan tetap dilayani. "Warga biasa juga banyak yang beli di sini. Tapi ketahuanlah mas, mana yang calo mana penumpang biasa. Biasanya, mereka kalau beli suka berkali-kali," tambahnya.

Dijelaskan, tiket kelas menengah ke atas untuk tujuan Padang seharga Rp1,345 juta, sedang ke Yogyakarta Rp Rp910 ribu. Untuk tiket kelas ekonomi sudah habis dibeli calo. "Di tangan para calo, harga tiket tujuan Padang, bisa mencapai Rp1,8 juta," jelasnya.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II, selaku pengelola Bandara Soetta telah menyatakan perang terhadap para calo. Sikap bermusuhan itu mereka tunjukkan dengan memanggil Brimob bersenjata lengkap yang siap mengusir dan menangkap para calo yang tetap beroperasi di Terminal I, II dan III Bandara Soetta.

Namun hingga kini, calo tiket tetap beroprasi meski berada di luar Terminal I, II dan III. Justru menjelang mudik Lebaran, seperti sekarang ini mereka semakin giat mencari penumpang.


kapanlagi

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.