Header Ads

Upacara 17an Digelar di Twitter

JAKARTA - Menyambut HUT Republik Indonesia ke-66, upacara bendera digital kembali digelar di situs mikroblogging Twitter, Rabu (17/8/2011).

Ini merupakan kali kedua seremoni peringatan kemerdekaan Indonesia diperingati oleh ratusan pengguna Twitter tanah air. Upacara bendera digital ini sendiri digelar oleh IndonesiaOptimis yang mengklaim sebagai kelompok yang tidak mengatasnamakan partai politik, agama atau golongan manapun guna mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Layaknya upacara bendera sungguhan, upacara digital ini menampilkan seorang pemimpin upacara, pengibar bendera, pembaca naskah Undang-Undang Dasar 1945, pembaca naskah Proklamasi, serta petugas pembawa naskah Pancasila.

Selain itu, ada juga pembaca Doa Kemerdekaan maupun kelompok paduan suara yang siap menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya maupun lagu nasional lainnya seperti 'Bangun Pemudi Pemuda', 'Berkibarlah Benderaku', 'Api Kemerdekaan' hingga 'Hari Merdeka'.

Upacara bendera digital tahun ini dipimpin oleh pembina upacara Anies Baswedan selaku Rektor Universitas Paramadina. Selain itu, masih ada Chief Technology Officer Kaskus Andrew Darwis, blogger dan sutradara film Iman Brotoseno, mantan direktur Nielsen yang kini beralih profesi menjadi penulis Iwan Setyawan, pendiri Blood4LifeID Valencia Meike Randa, serta bintang timnas sepakbola Indonesia Bambang Pamungkas.

Pelaksanaan upacara digital ini dimulai tepat pukul 8 pagi dan selesai sekira pukul 10.30. Peserta upacara bisa mengikuti upacara tersebut dengan mengakses situs www.id-optimis.org/upacara atau mengikuti linimasa id_optimis.

Serunya, peserta juga bisa mendengarkan pembacaan naskah kenegaraan, nyanyian kelompok paduan suara hingga amanat para pembina upacara melalui situs tersebut.

Bagi anda yang sudah lama tidak pernah mengikuti upacara bendera, pelaksanaan upacara digital ini agaknya bakal membangkitkan nostalgia. Apapun alasannya, ini merupakan salah satu cara kreatif memperingati kemerdekaan RI di era digital.

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.