Header Ads

Black Box yang Ditemukan Baru CVR, FDR Masih Dicari

Jakarta Black box Sukhoi Superjet 100 yang ditemukan di Gunung Salak pada Selasa (15/5) kemarin belum lengkap. Tim baru mendapatkan Cockpit Voice Recorder (CVR), sementara Flight Data Recorder (FDR) masih belum jelas rimbanya.

"FDR belum ditemukan, saya minta pada pengendali lapangan rescuer dari TNI/Polri dan Brimob untuk melanjutkan pencarian," kata Ketua Basarnas, Marsekal Madya Daryatmo, di Posko Cijeruk, Bogor, Rabu (16/5/2012).

"Ini adalah CVR yang dalam kondisi rusak, mudah-mudahan dalamnya masih bagus," tambah Daryatmo sambil menunjuk peranti di depannya yang berwarna oranye dan VCR Sukhoi yang gosong karena terbakar.

Menurut Daryatmo, CVR dan FDR - yang merupakan satu kesatuan yang disebut black blox - terpisah jauh karena dampak tabrakan pesawat yang cukup hebat. Meski begitu, tim akan tetap melakukan pencarian.

"Meskipun sulit, kalau kemauan kita sangat keras, pasti ketemu," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Daryatmo secara resmi menyerahkan black box kepada Ketua Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi. Berita acara serah terima juga ditandatangani.

"Nanti penyelidikan akan dilakukan KNKT, dibuka dari tim Rusia juga," jelas Tatang yang ikut dalam jumpa pers.

detik

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.