Header Ads

Aplikasi ponsel untuk membantu orang buta ketika akan bepergian dengan bis

Kami memang cukup bersyukur bahwa kami tidak buta tetapi kami bisa membayangkan betapa susah dan repotnya ketika orang buta akan naik bis dan pergi ke suatu tempat. São Carlos, salah satu daerah di kota São Paolo, Brasil telah meluncurkan sebuah aplikasi ponsel khusus (disebut Busalert) untuk memudahkan orang buta bepergian dengan menggunakan bis.

Aplikasi Busalert yang dibuat oleh Grupo Criar, perusahaan yang spesialis di bidang sistim lalu lintas ini bisa memberitahu apabila bis sudah datang sampai ketika saatnya kita harus turun dari bis (karena sudah sampai tujuan). Ketika seseorang akan bepergian dengan bis, si pengguna bisa langsung memasukkan nomor bis dan tujuan, baik ketika masih ada di rumah maupun di halte bis kemudian aplikasi akan memberitahu waktu kedatangan bis, banyaknya pemberhentian dan lama perjalanan.

Karena memang untuk orang buta makanya perintah bisa dilakukan melalui perintah suara dan semua data yang ada akan ditampilkan melalui suara dan juga tulisan.

Saat ini sudah ada 40 buah halte bis yang terhubung ke sistim ini dan juga 200 orang buta yang sedang mencoba aplikasi ini.

Aplikasi Busalert adalah sebuah aplikasi berbasis Jave dan bisa digunakan untuk ponsel Android dan Windows ME.
 
Sumber berita Satu dan Dua
Smartphone app tells blind people when the bus is coming

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.