Header Ads

Makan siang bersama Jaguar



Selasa siang (01/03/2016) sekitar pukul 13.00wib, rombongan dari SMPN 2 Sidoarjo berkunjung ke salah satu zoo terbaik di Asia Tenggara, yaitu Batu Secret Zoo. Dalam perjalanan yang ditempuh sekitar dua jam dari Sidoarjo, rombongan yang berjumlah total kurang lebih 400 peserta terdiri dari masing-masing kelas 7 putra dan putri, tiba di area Jawa Timur Park 2 langsung menuju Museum Satwa.

Di dalam museum, rombongan diajak untuk mengenal lebih dekat dunia satwa yang berasal dari berbagai Negara. Diorama dengan nuansa khas sebuah museum tidak membuat surut semangat para peserta itu karena pengaturan dan tata letak yang sangat indah dan artistik.

“Woow, museum ini ternyata menyenangkan. Selain koleksi binatangnya yang lengkap, suasananya juga nyaman. Saya baru pertama kali berkunjung ke mari,” ujar salah satu peserta rombongan yang tidak mau disebut namanya.

Setelah puas menjelajah museum satwa, rombongan dari kota kerupuk udang tersebut melanjutkan tour wisatanya menuju Batu Secret Zoo untuk ‘makan siang’ bersama Aswa, jaguar betina dengan warna emas dan bintik hitam di sekujur tubuh.


Feeding Show, pertunjukan memberi makan satwa secara langsung dari tangan pengunjung yang dipandu oleh keeper atau guide.
Aswa merupakan harimau dari jenis jaguar yang menjadi koleksi Batu Secret Zoo. Setiap hari, Aswa mampu melahap 3Kg daging mentah dan 1 ekor ayam. “Kenapa kami memilih tetap memberi makan Aswa dengan daging mentah? Itu supaya menjaga sifat Aswa tetap asli, yaitu buas dan liar. Kami memelihara naluri binatang agar tetap menjadi binatang, bukan menjinakkannya seperti manusia,” ujar Dewi salah satu guide dan keeper Batu Secret Zoo.

Pada kesempatan sore itu, rombongan dari SMPN 2 Sidoarjo berkesempatan mengikuti even Feeding Show, yaitu memberi makan langsung kepada satwa, termasuk saat itu si Aswa. “Saya baru menemukan momen ini hanya di Batu Secret Zoo. Di beberapa kebun binatang yang pernah saya kunjungi, saya belum pernah memberi makan satwa liar secara langsung dari tangan saya,” ujar Suhartono, salah satu guru SMPN 2 Sidoarjo yang kebetulan ikut mendampingi siswa-siswinya dalam acara feeding show. “Ini benar-benar sesuatu yang menyenangkan bagi anak-anak. Saya senang sekali dengan acara seperti ini,” pungkas Suhartono. (AiR)


Suhartono, guru SMPN 2 Sidoarjo sedang memberi makan harimau jaguar dengan daging mentah.
- See more at: http://www.jawatimurpark2.com/makan-siang-bersama-jaguar/#sthash.o1YFe8wS.dpuf

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.