Header Ads

Belajar Bahasa "Ngapak" Banyumasan Yuk - Malanglife

Belajar Bahasa "Ngapak" Banyumasan Yuk - Malanglife


Ngapak Banyumas


Malanglife.com - Kaya kiye, nek ora ngapak ora kepenak, ora dikapak-kapakna melethek dewek, kata-kata tersebut sring kali diucapkan oleh orang saat bertemu dengan orang Banyumasan. Nah sekarang perlu kita telusuri bahasa banyumas itu berasal dari mana, Betul?

Tak bisa dipungkiri penyebaran warga Banyumas tersebar di kota-kota besar baik untuk merantau, pekerjaan atau menuntut pendidikan, seperti di Malang ada banyak juga warga Banyumas yang terkadang bisa dibuat "guyonan" saat berbicara karena terdengar lucu jika mendengarkan teman kita atau mungkin tetangga saat mereka berbicara dengan logat Banyumasan.

Banyumas adalah nama salah satu Karesidenan di Profinsi Jawa Tengah tepatnya di jawa tengah aling barat dan beberaoa kotanya berbatasan langsung dengan Jawa Barat, Kota kabupaten yang termasuk dalam Karesidenan Banyumas adalah Cilacap, Kebumen, Banyumas, Purwokerto, Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga. dari ke 7 kota kabupaten tersebut memiliki bahasa yang sama yakni bahasa Ngapak Banyumasan. 

Diantara 7 kota tersebut Cilacap adalah Kota Kabupaten pailing barat, banyak orang mengira bahwa Cilacap ikut Profinsi Jawa Barat karena diawali dengan kata Ci seperti Cirebon, Ciamis dll yang merupakan kota yang ada di Profinsi Jawa Barat.

Mari kita belajar bahasa ngapak sedikit demi sedikit :

Bagaimana = kepriwe / kepriben
Anak = cah
Kamu = kowe
Makan = madang
Agi = sedang
Apa = ngapa
Sudah = wis/ uwis
Males = bebeh
Pergi = lunga
Temen = batir/ kanca

Contoh kalimat :
Kamu sedang apa? = Kowe agi ngapa?
Sudah makan apa belum ? = Wis padang apa urung? 
Bagaimana kabarmu/ anda? = Kepriwe kabae kowe/ rika? 
Kamu dari mana? = Kowe / rika kang ndi?

Mungkin anda mau meng-explore lebih dalam dan ingin belajar bahasa banyumasan ngapak anda boleh belajar pada komunitas atau gabung dengan perkumpulan warga banyumas bisa di kampus atau di komunitas lain yang isinya orang-orang banyumas. Selamat ngomong ngapak ya bapake ... mamake ... ☺

Silahkan tinggalkan komentar untuk membahas atau merespon apa bahasa ngapaknya yang belum anda ketahui. 

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.