Header Ads

Snow Leopard Penghuni Baru Batu Secret Zoo - Malanglife

Snow Leopard Penghuni Baru Batu Secret Zoo - Jatimpark

Snow Leopard (macam tutul salju)

Malanglife.com - Batu Secret Zoo kini kedatangan sahabat baru dari Himalaya. Seekor Snow Leopard alias Macan Tutul Salju. Kucing besar yang berhabitat di daerah dataran tinggi dan bersalju ini menjadi salah satu keluarga besar Jawa Timur Park dan hadir di tengah-tengah pengunjung dan menyapa para pengunjung yang datang. Pengunjung bisa menemuinya di Zona Tiger Land.

Macan Tutul dengan nama ilmiah Uncia uncia ini berbulu putih keabu-abuan mengarah ke kuning dengan bintik-bintik berwarna hitam. Bulu di sekujur tubuhnya yang berukuran lebih sedikit kecil dari pada jenis macan lainnya itu tebal, yang memungkinkan Macan Tutul Salju bisa menahan panas tubuhnya lebih lama dalam cuaca yang ekstrim. Walaupun demikian Macan Tutul Salju juga tahan terhadap panas.



Jika diperhatikan dengan seksama sebenarnya ekor Macan Tutul Salju lebih besar dan berbulu lebih tebal dari jenis macan lainnya.  Ekor Macan Tutul Salju adalah tempat penyimpanan lemak. Saat tidur, Macan Tutul Salju memeluk ekornya sendiri sebagai selimut. Cengkraman cakar dari Macan Tutul Salju lebih kuat dan tajam yang membantu mereka berjalan di area yang terjal, curam, tidak stabil, dan bersalju seperti habitat asal mereka.

Walaupun Macan Tutul Salju terlihat beringas, sangar, dan gagah. Si kucing besar putih ini agak pemalu. Macan Tutul Salju bukan tipe macan yang lincah bergerak ke sana ke mari dan mengaum. Macan Tutul Salju cenderung pendiam dan bergerak hanya ketika berburu. Macan Tutul Salju tidak memiliki laring yang sempurna seperti macan tutul lain yang membuat dirinya hanya bisa mendesis dan menggeram. Sangat jarang bahkan tidak pernah mengaum. Untuk itu jangan ragu untuk menyapa si pendiam ini agar lebih akrab! (NA)

No comments

Silahkan berikan komentar yang membangun

Powered by Blogger.